Beranda » Lingkar Belajar » 7 Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak-anak Tahun 2023

7 Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak-anak Tahun 2023

Diposting pada 20/12/2023 oleh ◦ Dilihat: 169x ◦ Kategori: Lingkar Belajar

Hallo ker, disini saya akan membagikan berbagai aplikasi pembelajaran terbaik untuk anak untuk mencari alat yang paling efektif dalam membantu pertumbuhan siswa. Memang, dunia digital penuh dengan potensi, namun tidak semua sumber daya diciptakan sama. Misi saya adalah menemukan aplikasi-aplikasi yang benar-benar membantu, aplikasi yang menginspirasi, menantang, dan mendukung pembelajar, serta berbagi informasi mengenainya dengan kalian semua.

Hari ini, aku senang banget bisa sharing 7 aplikasi pembelajaran keren buat anak-anak di tahun 2023. Aku pilih setiap aplikasi ini berdasarkan beberapa hal, seperti kontennya yang bermanfaat, antarmukanya yang gampang digunakan, keterlibatan anak, dan ulasan positif dari guru dan orangtua.

Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak

Sumber Foto: Pexels Agung Pandit Wiguna

Aplikasi anak ini ngasih banyak kegiatan seru yang sesuai dengan berbagai gaya belajar dan mencakup banyak pelajaran penting, mulai dari matematika dan bahasa Inggris sampe ilmu pengetahuan, seni, dan lain-lain.

Selain itu, pastinya aplikasi pendidikan ini buat anak-anak bakal bantu banget bikin proses belajar jadi petualangan yang asik, bikin mereka penasaran dan semangat buat belajar lebih banyak lagi.

Mungkin sekarang Anda lagi nyari aplikasi pendidikan bagus buat anak-anak atau sebagai guru yang lagi cari alat tambahan buat bantu pengajaran di kelas. Nah, aplikasi-aplikasi ini beneran punya sumber daya yang oke banget, gabungin serunya main game sama manfaat pembelajaran yang terstruktur.

Aku bakal mulai dengan ngebahas tabel ini dulu, yang ringkas banget ngingetin fitur utama dari masing-masing aplikasi pembelajaran ini. Buat penjelasan lebih detilnya, bisa cek di bagian bawah tabel ya.

1. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids tuh keren banget. Ini merupakan aplikasi pendidikan yang asik, lengkap, dan udah dapet beberapa penghargaan, dibuat khusus buat anak-anak usia 2-8 tahun. Dengan ribuan permainan edukatif, buku, dan kegiatan, aplikasi ini bener-bener bikin belajar jadi petualangan yang seru dan menyenangkan. Khan Academy Kids juga bantu banget dalam pengembangan keterampilan penting, mulai dari membaca dan fonik sampe tumbuh kembang sosial-emosional.

Di aplikasi ini, ada banyak banget kontennya, mulai dari permainan matematika, kegiatan mengeja, sampe buku digital. Kegiatannya seru-seruan, jadi anak-anak bisa sambil belajar sambil nggak bosen. Apakah lewat lagu-lagu yang asyik atau video yoga, anak-anak bisa bergerak, menari, dan lepasin energi mereka saat belajar.

Yang paling keren, Khan Academy Kids itu nggak ada iklan atau langganan, jadi bisa digunakan sepenuhnya gratis. Selain itu, mereka terus tambahin konten pendidikan baru biar perjalanan belajar anak kamu tetap seru dan menyenangkan.

2. Duolingo

Aplikasi ini mengubah proses belajar jadi seru kaya main game. Ini bisa dipake buat banyak bahasa, jadi cocok banget buat anak-anak yang lagi belajar. Duolingo punya fitur-fitur keren yang pasti disukai anak-anak, kayak antarmuka yang lucu dan metode pengajaran yang efektif. Duolingo nggak cuma sekadar aplikasi belajar, tapi ini kayak platform di mana kamu bisa pantau perkembangan kamu, dapetin reward, dan ikutan dalam kompetisi yang ramah.

Ketika kamu jadi bagian dari komunitas Duolingo, kamu bakalan dapet pengalaman berharga jadi bagian dari jaringan pembelajaran global. Selain itu, mereka ngasih akses gratis ke semua kursus bahasa, jadi nggak ada hambatan finansial buat belajar bahasa. Dari pengalaman pribadi sebagai pendidik, Duolingo tuh bener-bener sumber daya yang bisa diandalkan, yang bisa bikin pembelajaran jadi seru sambil tetap efektif. Cocok banget buat anak-anak yang lagi belajar bahasa baru.

3. Epic

Aplikasi ini merupakan perpustakaan digital yang super besar dengan banyak buku, buku audio, dan video pendidikan yang cocok buat anak-anak. Aplikasi ini bikin anak-anak semakin penasaran dan tambah percaya diri dalam membaca karena mereka bisa pilih dari lebih dari 40.000 sumber daya sesuai minat mereka.

Epic enggak cuma berhenti di situ aja, mereka punya koleksi buku Read To Me dan buku audio dengan suara narator profesional dan efek suara keren yang bener-bener bikin cerita hidup, jadi kayak pengalaman yang seru banget. Kontennya utamanya dalam bahasa Inggris, tapi Epic juga punya buku dalam bahasa Spanyol, Prancis, dan Mandarin, jadi bisa disesuaikan sama berbagai latar belakang dan minat.

Epic juga pastiin kalau proses belajar itu menyenangkan dan interaktif dengan nambahin fitur-fitur keren kayak Reading Buddies, lencana, dan kuis yang bikin anak-anak termotivasi buat terus baca dan belajar. Ada juga fitur keren kayak Spotlight Words dan kamus berbasis suara yang bantu banget dalam membangun kosakata dan keterampilan pengucapan.

Kalau mau langganan berbayar, Epic Unlimited bisa kasih pengalaman membaca yang personal buat sampai empat anak sekaligus, dan orangtua bisa pantau kemajuan membaca mereka. Nah, buat pendidik, Epic juga punya versi gratisnya, Epic School, yang dilengkapi alat buat melacak kemajuan membaca siswa dan mendorong pembangunan keterampilan. Dengan review positif dari orangtua dan pendidik, Epic bener-bener jadi aplikasi membaca yang lengkap, menarik, dan bisa bikin anak-anak jatuh cinta sama membaca.

4. BrainPOP Jr.

BrainPOP Jr. adalah salah satu Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak  yang sangat menarik dan bermanfaat bagi anak-anak. Aplikasi ini membawa pembelajaran menjadi lebih hidup melalui penggunaan film animasi, kuis, dan beragam aktivitas pendidikan. Dengan dirancang secara khusus untuk anak-anak kelas K-3, BrainPOP Jr. memanfaatkan karakter yang sangat disukai, yaitu Annie dan Moby, yang dengan ramah membimbing para pembelajar melalui berbagai mata pelajaran, sekaligus merangsang kemampuan berpikir kritis mereka.

Salah satu keunggulan utama dari aplikasi ini adalah penggunaan karakter Annie dan Moby yang dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang ramah dan menyenangkan. Mereka bukan hanya sekadar karakter, tetapi juga menjadi panduan yang membantu anak-anak memahami konsep-konsep pelajaran dengan cara yang menyenangkan dan mudah dicerna.

BrainPOP Jr. tidak hanya menyajikan konten yang menghibur, tetapi juga mendukung pembelajaran aktif. Dengan berbagai film animasi, kuis, dan aktivitas yang interaktif, aplikasi ini memberikan pengalaman belajar yang lebih mendalam dan berkesan. Anak-anak tidak hanya duduk diam saat menggunakan aplikasi ini, melainkan terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran.

Pentingnya mendorong berpikir kritis juga menjadi fokus dalam pengembangan aplikasi ini. Setiap materi pembelajaran dirancang untuk merangsang pemikiran anak-anak, membantu mereka mengembangkan keterampilan berpikir analitis dan evaluatif. Dengan demikian, BrainPOP Jr. tidak hanya menjadi sumber informasi, tetapi juga alat pembelajaran yang membantu membentuk pola pikir yang kritis dan analitis.

Tidak hanya itu, kelebihan lain dari BrainPOP Jr. adalah kemampuannya untuk mengubah waktu layar pasif menjadi pengalaman belajar yang bermakna. Seiring dengan menyediakan hiburan, aplikasi ini memastikan bahwa setiap interaksi dengan layar memberikan nilai pendidikan tambahan. Dengan demikian, anak-anak dapat menghabiskan waktu di depan layar dengan cara yang positif dan mendidik.

Secara keseluruhan, BrainPOP Jr. bukan hanya sekadar aplikasi pendidikan, tetapi juga kawan belajar yang menarik dan mendukung perkembangan anak-anak dalam berbagai aspek. Dengan pendekatan yang interaktif dan menyenangkan, aplikasi ini berhasil menciptakan lingkungan belajar yang positif dan merangsang bagi anak-anak, membantu mereka tumbuh dan berkembang secara optimal.

5. DoodleMaths

DoodleMaths memberikan pengalaman belajar yang unik dan disesuaikan untuk anak-anak berusia 4-14 tahun. Aplikasi ini menawarkan berbagai latihan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan matematika.

Kelebihan utama dari aplikasi ini terletak pada algoritma adaptif pintar yang disebut Proxima™. Fitur ini ditujukan untuk mengatasi topik-topik yang menantang dan memberikan tambahan pengetahuan untuk membantu setiap anak kembali berjalan dengan baik dalam matematika. Sesi singkat dan menarik dari aplikasi ini mencakup lebih dari 40.000 latihan yang disesuaikan dengan kurikulum, memenuhi berbagai tipe pembelajar.

Meskipun aplikasi ini tersedia secara gratis, DoodleMaths Premium memberikan akses ke semua fitur dan ditawarkan dengan berbagai harga untuk memenuhi berbagai kebutuhan, termasuk langganan untuk satu anak atau seluruh keluarga.

6. Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak Teach Your Monster to Read

Ajarilah Monstermu Membaca memberikan pengalaman belajar yang istimewa dengan menggabungkan keterampilan fonik dan membaca, membuat pembelajaran menjadi perjalanan yang penuh keceriaan. Dalam permainan ini, anak-anak diajak mengikuti perjalanan ajaib melalui tiga game yang luas.

Mereka dapat membuat monster mereka sendiri dan memandu monster tersebut melalui game-game seru ini, berinteraksi dengan berbagai karakter berwarna dan meningkatkan keterampilan membaca mereka sepanjang perjalanan. Aplikasi ini dirancang untuk mencakup dua tahun awal pembelajaran membaca, dimulai dari mencocokkan huruf dan suara hingga menikmati buku-buku kecil.

7. Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak Toca Life World

Toca Life World adalah aplikasi yang unik dan mendalam dari Toca Boca yang memungkinkan anak-anak menciptakan dunia dan cerita mereka sendiri. Merupakan paduan dari semua elemen favorit dari aplikasi Toca Life sebelumnya, Toca Life World adalah pengalaman bermain inovatif dan tanpa batas di mana satu-satunya batasnya adalah imajinasi pengguna.

Saat pertama kali dibuka, pemain disajikan dengan 8 lokasi unik dan 39 karakter berbeda di Bop City. Mereka dapat menjelajahi area yang penuh warna seperti salon tata rambut, pusat perbelanjaan yang ramai, food court, atau apartemen, memberikan platform yang serbaguna untuk mulai membuat dunia mereka sendiri.

Customisasi lebih lanjut dapat dilakukan melalui toko bawaan aplikasi, di mana lebih dari 100 lokasi, 500 karakter, dan 500 hewan peliharaan tersedia untuk dibeli. Pilihan untuk menambahkan sedikit atau banyak sepenuhnya tergantung pada pemain. Selain itu, aplikasi ini menawarkan hadiah kejutan setiap minggu, yang berarti item baru dapat ditambahkan ke dunia Anda tanpa melakukan pembelian di toko.

 

FAQ Edition:

1. Apakah aplikasi-aplikasi ini cocok untuk semua rentang usia anak-anak?

Ya, aplikasi-aplikasi tersebut dirancang untuk berbagai rentang usia anak-anak, sehingga dapat diakses dan dinikmati oleh anak-anak dari berbagai kelompok usia.

2. Apa yang membuat aplikasi-aplikasi ini dianggap terbaik?

Aplikasi-aplikasi ini dianggap terbaik karena menyajikan konten pendidikan yang bermutu tinggi, antarmuka yang ramah anak, dan fitur-fitur interaktif yang mendukung pembelajaran anak-anak.

3. Apakah semua aplikasi ini gratis atau ada yang berbayar?

Beberapa aplikasi mungkin gratis, namun, beberapa juga menawarkan fitur premium atau langganan berbayar yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna. Artikel ini memberikan informasi lebih lanjut tentang opsi berbayar yang tersedia.

4. Bagaimana saya dapat mendownload aplikasi-aplikasi ini?

Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi ini melalui platform distribusi aplikasi seperti App Store untuk perangkat iOS atau Google Play Store untuk perangkat Android. Setiap aplikasi biasanya memiliki tautan unduh yang disediakan di artikel.

5. Apakah aplikasi-aplikasi ini aman digunakan oleh anak-anak?

Ya, aplikasi-aplikasi ini umumnya dirancang dengan keamanan anak-anak sebagai prioritas utama. Namun, disarankan untuk tetap mengawasi aktivitas anak-anak dan mengatur pengaturan keamanan pada perangkat mereka.

6. Apakah artikel ini akan diperbarui untuk tahun-tahun mendatang?

Artikel Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak  disusun untuk tahun 2023, namun, untuk mendapatkan informasi terkini, disarankan untuk memeriksa pembaruan atau artikel baru yang dapat diterbitkan pada tahun-tahun mendatang.

Tags: , , , , ,

Bagikan ke

7 Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak-anak Tahun 2023

Artikel Lainnya

Mengapa Malang Dijuluki Kota Bunga
Mengapa Malang Dijuluki Kota Bunga? Temukan Alasan di Balik Julukan Menarik Ini
Diposting pada 06/12/2023 oleh

Malang, sebuah kota yang terletak di bagian selatan Jawa Timur, Indonesia, memiliki julukan yang khas dan menarik, yaitu “Kota Bunga.” Mengapa Malang Dijuluki Kota Bunga? Ternyata Julukan ...

Naik Perahu di Wulai Taiwan
Wisata Wulai Taiwan: Keindahan Alam dan Budaya Tradisional
Diposting pada 11/01/2024 oleh

Taiwan, sebuah pulau yang memikat dengan keindahan alam dan kekayaan budaya, menyajikan banyak destinasi menarik bagi wisatawan. Salah satu tempat yang harus masuk daftar kunjungan adalah Wulai, sebua...

Tips Ampuh Meningkatkan Bisnis Kuliner
Strategi Sukses di Era New Normal: 6 Tips Ampuh Meningkatkan Bisnis Kuliner Anda
Diposting pada 27/12/2023 oleh

Dalam tengah-tengah gejolak era New Normal, sektor kuliner mengalami perubahan yang cukup mencolok dalam strategi penjualan dan pendekatan kepada pelanggan. Bagi para pelaku bisnis kuliner, kemampuan ...

Sejarah-Stasiun-Lawang-Malang
Sejarah Stasiun Lawang Kota Malang: Jejak Perjalanan Sebuah Pusat Transportasi
Diposting pada 28/11/2023 oleh

Stasiun Lawang Kota Malang menonjol sebagai salah satu ikon sejarah transportasi yang kaya makna di tengah Kota Malang, Jawa Timur, Indonesia. Lebih dari sekadar menjadi tempat strategis untuk perjala...

Komentar (0)

Saat ini belum tersedia komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi

*

*

7 Aplikasi Pembelajaran Terbaik untuk Anak-anak Tahun 2023

Mungkin Anda Suka

Erika
● online
Halo, perkenalkan nama saya Erika
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja